Cara Berdagang Seperti Rasululah Agar Membawa Berkah

Cara Berdagang Seperti Rasululah Agar Membawa BerkahBerdagang merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan untuk menghasilkan uang. Meskipun dahulu kegiatan berdagang sering kali dianggap hal yang biasa saja, bahkan dipandang sebelah mata. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang sekarang akhirnya menjadi wiraswasta dengan menjadi pedagang. Bahkan, dalam Islam pun disebutkan bahwa berdagang adalah kegiatan baik yang mulia.

Tertulis dalam sebuah hadist bahwa 9 dari 10 pintu rezeki itu datangnya dari berdagang. Apalagi dahulu Nabi Muhammad SAW juga berdagang semenjak usia baru 12 tahun. Rasulullah sendiri memiliki banyak usaha di berbagai negara. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena beliau menerapkan beberapa cara yang bisa membawa kesuksesan. Kali ini kami akan membahas berbagai cara-cara tersebut yang semoga saja bisa bermanfaat bagi Anda untuk usaha.

Cara Berdagang Ala Rasulullah

Berdagang karena Allah

Cara berdagang seperti Rasulullah yang pertama ialah memulai dan menjalankan usaha karena Allah atau Lillahi Ta’la. Di mana seharusnya Anda membuka usaha atau berdagang bukan karena fikiran dunia saja, yang mencari laba sebesar-besarnya hingga merugikan orang lain, atau niat lainnya. Namun, haruslah didasari pada ridho Allah untuk mendapatkan berkah-Nya. Berdaganglah dengan tulus seperti apa yang dilakukan dan diajarkan oleh Rasulullah.

Bersikap ramah dan jujur

Cara berdagang seperti Rasulullah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah dengan selalu bersikap ramah serta jujur. Di mana Rasulullah pun bersikap demikian ketika sedang berdagang, di mana pun Ia berada. Rasulullah terkenal dengan kejujurannya karena tidak melebihkan timbangan, tidak juga bersikap curang dengan menutupi kekurangan barang. Sikap jujur dalam berdagang pun banyak dituliskan dalam Al-Qur’an. Tidak hanya jujur saja, tetapi bersikap ramah juga penting agar pembeli senang. Apalagi senyum merupakan ibadah, sehingga haruslah dijalankan juga dengan sebaik-baiknya.

Berdagang dengan sportif

Cara berdagang seperti Rasulullah selanjutnya ialah dengan berdagang secara sportif. Maksudnya dis ini ialah kita harus berdagang tanpa menjelek-jelekkan orang lain atau pun daganganya. Selain itu, jika Anda membeli dagangan dari orang lain, maka jangan sampai ada salah satu pihak yang dirugikan. Berlakulah dengan adil, termasuk di dalamnya tidak meninbum barang yang dapat merugikan orang atau pedagang lain.

Baca juga : Asmaul Husna Pelaris Dagangan

Selalu memastikan kualitas barang

Berikutnya, cara yang bisa dilakukan ialah dengan menjual barang milik sendiri, bukan milik orang lain seperti sistem dropshipper. Hal ini penting karena disarankan oleh Rasulullah SAW agar Anda memastikan terlebih dahulu barang yang akan dijual. Selalu pastikan barang memiliki kualitas dan mutu yang baik, dan juga terjaga. Dengn demikian, pembeli pun akan merasa puas dan membeli kembali dari Anda. Janganlah juga Anda menipu akan kualitasnya, karena penipuan sekecil apapun itu merupakan dosa dan merugikan.

Menjual barang halal

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghasilkan keuntungan besar, salah satunya dengan menjual barang haram. Hal ini tidaklah sepatutnya dilakukan karena merugikan orang lain, dan menjadi dosa bagi Anda. Cara berdagang seperti Rasulullah yang seharusnya ialah dengan menjual barang-barang yang bermanfaat dan tentunya halal. Dengan cara ini, berdagang pun pasti berkah karena sesuai dengan yang diperintahkan Allah.

Demikian beberapa Cara Berdagang Seperti Rasululah Agar Membawa Berkah yang bisa Anda terapkan. Pastikan selalu untuk mempraktekannya agar bisa membawa keberkahan. Terlebih dengan cara ini, berjualan bisa bertahan lama dalam jangka waktu yang panjang, karena pembeli pasti merasa puas. Sehingga mereka akan kembali lagi dan mempercayakan kebutuhannya pada Anda.