Doa Ketenangan Hati Sabar Dan Tidak Mudah Emosi Di Bulan Puasa

Doa Ketenangan Hati Sabar Dan Tidak Mudah Emosi Di Bulan Puasa – Jiwa dan hati yang tenang adalah hal penting menjadi modal utama dalam menjalani kehidupan secara normal. Meski secara fisik tubuh kita sehat, jika hati dan pikiran masih berfokus pada hal yang membuat keresahan atau kekecewaan, tentu sulit untuk kita bisa hidup bahagia.

Baca Juga : Berdoa Sepanjang Bulan Ramadhan Dengan Waktu dan Adab Benar

Agama, dalam hal ini sebagai penyejuk jiwa tentu harus berperan lebih aktif. Bagi yang Muslim, doa dan sholat tentu bisa menjadi penolong bagi tercapainya ketenangan hati. Nah, berikut ini kami akan memaparkan tips-tips agar hati tenang beserta lafal doa ketenangan hati yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi sebuah masalah.

Doa Ketenangan Hati Di Bulan Puasa

Jika Anda mengalami kegusaran atau kekecewaan, pasti hati Anda akan merasa tidak tenang. Jika sudah begini, janganlah murung dan bermuram durja. Ambilah air wudlu, kemudian sholatlah. Sholat dapat menentramkan dan menenangkah hati Anda yang tengah gundah gulana. Selesai sholat, berdzikirlah kemudian baca doa ketenangan hati di bulan puasa ramadhan berikut ini:

Latinnya : “Allahumma Inni As Aluka Nafsaan Bika Muthma-Innah, Tu’minu Biliqoo-Ika Watardhoo Bi Qodhooika Wataqna’u Bi’athooika”

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.

Doa Supaya Hati Tenang Di Bulan Puasa

Setelah sholat dan membacakan doa ketenangan hati di atas, saya yakin perasaan Anda akan menjadi lebih baik. Jika sudah begitu, bacalah lagi doa agar hati tenang berikut ini agar Anda dihindarkan dari kegusaran akan masalah yang tengah Anda hadapi. Bacalah dengan tenang sembari mengingat Alloh dan memahami artinya.

Latinnya : “Allahumma Innii Au’dzuubika Minalhamma Walkhujni, Wal a’jri, Wakasal, Walbujli Walhubni, Wadolidaini, Walgobatirrojali.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Tips Agar Hati Tenang Di Bulan Puasa Ramadhan

Selain dengan membaca doa ketenangan hati di atas, Islam juga mengajarkan bahwa jika kita tengah mengalami kebingungan dan keresahan ada baiknya kita berpasrah diri dan menyerahkan semua keputusan kepada Alloh semata, dengan mengucap Istighfar.

Selain itu,  lakukan beberapa tips ini agar hati Anda dijauhkan dari perasaan cemas sehingga ketenangan hati bisa Anda peroleh.

  1. Membaca Surah Yassin atau mendengarkannya melalui MP3 yang ada di handphone.
  2. Melakukan sholat Tahajud di malam hari setelah bangun tidur agar Anda merasa semakin dekat dengan Alloh.
  3. Banyakkan Istigfar Dan Berzikir dengan lafal “La haula wala quwwata illa billah” (Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah) dan “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung).
  4. Hindari mendengar Lagu Bertema kesedihan dan Kecewa – Kekecewaan. Lagu-lagu tersebut hanya akan membuat ketenangan hati Anda buyar dan pilu kembali.
  5. Dan terakhir, sentiasa mengingati Allah dengan melafalkan doa ketenangan hati di atas.

Nah, itulah tips agar hati tenang saat menghadapi sebuah masalah beserta doa ketenangan hati di bulan puasa yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu meringankan masalah yang tengah Anda hadapi.

Incoming search terms: